Facebook Badge

Saturday, October 3, 2009

perjalanan ribuan kilometer selalu dimulai dari satu langkah

Sewaktu saya menulis kisah perjalanan backpack saya ke Eropa di sebuah website gagasmedia.com, ada pertanyaan atau pun komen dari teman-teman yang membaca tulisan saya, "Mbak, saya belum pernah backpack atau jalan-jalan ke luar Indonesia, takut ngga sih Mbak kalo jalan-jalan sendiri gitu?" Saya tertawa, karena duluuuuu sekali, saya tidak pernah membayangkan bisa menjelejah ribuan kilometer dari rumah saya. Saya yang waktu kecil ringkih selalu mabuk darat saat naik mobil atau bis, beberapa tahun kemudian bisa menjelajah ke beberapa tempat. Seperti kejadian yang masih baru, saya masih ingat, dulu setiap pergi naik mobil, begitu mobil distarter, saya langsung merebahkan diri di pangkuan ibu saya, karena takut pusing. Perjalanan backpack pertama saya dilakukan saat saya masih kuliah di bandung bersama teman-teman kuliah di Fakultas Hukum UNPAD ke Yogyakarta. Kami sepuluh perempuan selama ini pergi dengan orang tua mengikuti paket tur dan belum pernah jalan-jalan ala backpack dengan nekatnya memilih akan menggunakan kereta Bandung – Yogyakarta kelas ekonomi. Walhasil selama delapan jam di jalan kami menghabiskan waktu perang melawan kecoa-kecoa kecil dengan gulungan Koran, belum lagi di awal kami memasuki gerbong kereta yang kami naiki, sempat beradu mulut dengan bapak-bapak yang salah duduk di tempat kami tetapi tetap ngeyel duduk di tempat yang tidak sesuai dengan nomor kursi di tiketnya. Kami perempuan-perempuan manis, dengan sok-soknya ingin mencoba petualangan di kereta ekonomi Bandung- Yogyakarta. Walhasil, sepanjang 10 jam perjalanan, tangan kami yang dibekali gulungan koran sibuk menggebuki anak kecoak yang tanpa malu-malu datang bertubi-tubi membawa sanak keluarganya ingin berkenalan dengan kami. Tapi anehnya kok itu malah membuat kami tertawa-tawa dan tidak kesal. Dari pengalaman pertama ini lah, saya (dan teman-teman) belajar membuat perencanaan untuk acara jalan-jalan, menghitung budget dan membuat itinerary sendiri dengan sebelumnya mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang tempat-tempat tujuan yang akan kita lihat. Jadi, perjalanan sejauh apa pun dimulai dari satu langkah kecil, mulailah dari sekarang!

No comments:

Post a Comment