Friday, April 16, 2010

Tips Backpack ke Eropa (bagian 1)

Yang harus disiapkan sebelum backpack ke luar negeri :
1. Dokumen perjalanan (paspor dan atau visa)
2. Tempat liburan/ itinerary
3. Budget
4. Book tempat penginapan (jika tidak punya saudara/ teman di sana/ couchsurfing)
5. Transportasi (pesawat dan kereta/ bus selama di sana)
6. Siapkan daftar packing list
Tips aman saat berjalan-jalan di tempat wisata
• Saat pertama kali tiba di bandara atau stasiun kereta, tanya pada petugas petunjuk arah dan kereta untuk bisa mencapai hostel tempat anda menginap. Lebih baik rajin bertanya dari pada tersesat bukan?
• Pelajari buku petunjuk atau peta kereta/ metro yang disediakan di stasiun (gratis)
• Untuk menghemat, tanyakan di loket apakah ada paket tiket untuk turis yang berlaku untuk jangka waktu tertentu. Di Eropa Barat terdapat paket tiket kereta untuk tiga hari, paket murah week-end, atau paket 10 kali jalan yang jauh lebih murah jika anda membeli one-way tiket.
• Kalau anda membawa tas ransel, jangan ditaruh di punggung, dokumen penting, kartu kredit dan uang dalam jumlah besar lebih baik ditaruh di tas pinggang atau kantung kecil di dalam baju /body wallet (anda bisa menyiapkan kantung kecil dari bahan katun dengan tali yang bisa diselempangkan di dalam baju)
• Jika anda membawa cukup banyak uang untuk dana selama bepergian di sana, saat berjalan-jalan di kota yang anda kunjungi, bawalah uang untuk keperluan hari itu, selebihnya bisa anda titipkan pada petugas di safe deposit, atau cukup bawa kartu atm dan kartu kredit.

No comments:

Post a Comment